malem kawan-kawan, nih aq punya artrikel tentang alat peraga matematika, namanya Papan penjumlahan, sangat berguna untuk mengasah kecepatan dan ketepatan dalam menghitung... apalagi dalam penjumlahan.... yuk dilihat... ^.^
Masih banyak siswa menganggap bahwa Matematika itu sulit.
Guru menjelaskan materi dengan metode ceramah dan soal rutin sangat tidak
begitu efektif bagi siswa. Kemampuan dasar matematika terutama penjumlahan
sangat diperlukan untuk mempelajari matematika tingkat lanjut. Untuk menarik
minat siswa agar menyukai pelajaran Matematika kita perlu alat bantu berupa
alat peraga. Alat peraga tersebut diharapakan dapat mengasah kecepatan dan
ketepatan dalam menghitung agar siswa dapat mengerjakan soal olimpiade MM pada
tingkat international. Oleh karena itu, kita membuat alat peraga tersebut untuk
memfasilitasi pembelajaran matematika, khususnya penjumlahan.
gambar panjul
v Cara
Bermain
1. Permainan dapat
dilakukan 2 sampai 3 orang (tetapi sebaiknya dimainkan 3 orang lebih baik dan
sangat dianjurkan)
2. Pemain mengundi
terlebih dahulu dengan melemparkan dadu untuk menentukan siapa yang akan
bermain terlebih dulu, pemain yang mendapatkan dadunya keluar paling besar
berhak untuk memainkan permainan terlebih dahulu.
3. Setiap pemain meletakkan hanya 1 biji pemain kemudi/sopir di salah satu
kotak (disembarang kotak angka 1 sampai 9 yang nantinya difungsikan sebagai
kemudi/penjumlah dalam permainan) saat bermain.
4. Pemain
pertama menjumlahkan angka pada kotak yang ditempati lawan yang akan
bermain berikutnya dengan angka kemudi miliknya (pemain dapat mengatur pemain
kemudinya secara bebas sebelum menjumlahkan agar hasilnya seperti yang ia
inginkan). Hasil penjumlahannya dijadikan tempat meletakkan jarum warna pemain
pada papan penjumlahan.
5. Pemain kedua dan ketiga selanjutnya melakukan cara yang
sama seperti pemain pertama secara berurutan/bergantian. Pada putaran
kedua dan selanjutnya pemain dapat mengatur strategi untuk menghasilkan garis
lurus dengan memindahkan kemudinya (dari angka sebelumnya pada kotak yang
ditempatinya) pada kotak angka yang lain agar didapatkan hasil penjumlahan yang
nantinya membentuk garis lurus/diagonal (syaratnya membentuk 3 sarang ditempati
jarum warna miliknya secara berurutan)
7.
Apabila pemain berhasil menempati 3 sarang secara berurutan yang membentuk
garis lurus(bisa vertikal,horizontal atau diagonal) maka ia diberikan 2 pilihan
yaitu
·
pertama
Ia berhak mengambil 1 jarum warna pemain lawan yang
berada di dalam papan penjumlahan sebagai tawanan miliknya.
·
Kedua
Ia tidak mengambil jarum warna pemain lawan akan tetapi
membebaskan/menyelamatkan jarum warna pemain miliknya yang ditawan oleh lawan.
8. Apabila jarum warna yang dimainkan
telah habis, pemain dapat memindahkan jarum warna pada papan permainan agar dapat
membentuk garis lurus/diagonal. Pemain dapat membentuk strategi
menghalangi pemain lawan agar tidak berhasil membuat garis lurus sehingga
permainan lebih seru.
Permainan sebaiknya dibatasi waktunya dan diakhir permainan
dihitung jumlah tawanannya.
Ø Syarat Menjadi
Pemenang
Pemain yang
mendapatkan tawanan terbanyak akan dianggap pemenang dalam permaian.
Ø Variasi permainan
Pemain dapat
menggunakan dadu sebagai ganti kotak angka lawan. Artinya jika pemain tidak
ingin menjumlahkan kemudinya dengan angka pada kotak lawan ia dapat menjumlahkan
angka kemudinya dengan angka yang keluar pada dadu
Ø Tipe –tipe
Permainan :
1. Tahap
pengenalan
pemain yang dapat menempatkan 3 jarum warna berurutan dan tercepat dinyatakan
sebagi pemenang
dan permainan dilakukan ulang dari awal.
2. Tahap latih
kecepatan dan ketelitian
pemain yang dapat menempatkan 4 jarum warna berurutan mendapat point menang 1x dengan
bonus tawanan 1 jarum
warna lawan dan permainan
dilanjutkan hingga waktu yang ditentukan telah habis.
silahkan mencoba .... ^.^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar