1. pengertian kreatif
sebelum membahas mengenai bagaimana menjadi guru matematika yang kreatif dan inovatif, maka kita harus tahu dulu apa itu kreatif. Menurut
Ginanto (2011:65) pengertian kreatif yakni :
Seorang guru yang
professional adalah mereka yang mampu menyulap kekurangan menjadi peluang untuk
menjadi nilai lebih. Mereka mampu membuat kreasi-kreasi baru dalam mengajar.
Mereka yang kreatif tidak pernah mengeluh dalam setiap menghadapi keterbatasan.
Suyatno
(2009: 17) menyatakan bahwa “kreatif merupakan perubahan yang terjadi dari
belum ada menjadi ada”. jadi guru kreatif adalah guru yang mampu menghasilkan suasana, karya, dan hal yang baru dalam pembelajaran. guru yang kreatif adalah mereka yang mampu membuat hal baru dalam suasana belajar kelas, yang dapat mengambil peluang dari setiap proses pembelajaran, seminim mungkin fasilitas dan keadaannya.
selain kreatif, menjadi guru yang inovatif juga penting dalam menunjang pembelajaran yang aktif dan kreatif dalam kelas. Menurut
Suyatno (2009:6) “kata inovatif dimaknai sebagai beberapa gagasan dan teknik
yang baru. Adapun kata inovasi, berarti pembaharuan”. jadi, guru yang inovatif adalah mereka yang mampu membuat ide-ide baru, membuat inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran matematika, yang mampu membuat pembaharuan mengenai metode dan pengajaran yang lebih baik.
2. Cara Menumbuhkan rasa kreatif dan inovatif dalam memberikan pengajaran dalam kelas
a. Cintai
pekerjaan
Cinta adalah landasan pertama untuk melakukan hal-hal
terbaik untuk yang kita cintai. Ketika kita mencintai pekerjaan kita sebagai guru, maka dengan
sendirinya murid-murid juga dapat mencintai kita dan pembelajaran akan menjadi lebih indah dan
mudah. Dengan cinta, ide-ide terbaik untuk apa yang dicintai akan lebih mudah
tercurah.
. b. Guru harus
mengembangkan kompetensi
Guru adalah
profesi yang menuntut seseorang untuk terus belajar. Guru matematika yang
kreatif selain mampu memupuk kreativitas dan inovasi siswa juga harus memiliki
kompetensi dasar yang wajib dipenuhi. Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun
2005 tentang Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ditegaskan bahwa pendidik
(guru) harus memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran pada jenjang
pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan anak usia dini.
c. jangan malu untuk bertanya
Malu adalah
sifat alami manusia. Sebagai seorang guru yang kreatif sebaiknya jangan malu
dalam mencari sumber belajar. Sebagai guru yang baik, harus belajar dari sumber apapun, dan apabila ada yang sukar untuk dipahami, kita juga tidak
boleh malu dalam bertanya kepada siapapun. Menurut Ginanto (2011:19) “guru yang
baik adalah mereka yang mau mengakui kekurangan dalam dirinya dan tanpa malu
bertanya kepada siapa saja untuk dapat menutupi kekurangan yang ada”. jadi, jangan malu untuk bertanya bila ada yang kurang dimengerti. apabila biasanya dalam memotivasi siswa, guru sering meminta siswa untuk belajar kelompok supaya lebih cepat mengerti, maka guru pun lebih baik melakukan hal yang sama supaya dapat menunjang pembelajaran menjadi lebih baik dan lancar.
d. kembangkan otak
kanan.
Kebanyakan selama ini guru matematika
menggunakan otak kirinya dalam mengajar yang membuat cara pengajaran lambat dan tidak efektif. Namun sekarang untuk menumbuhkan
kreativitas dan inovatif guru matematika juga harus bisa mengembangkan otak
kanannya dalam mengajar, karena otak kanan berpikir secara emosional. Menurut Narwanti (2011: 53) “otak kanan dengan
sifat dan fungsinya mendorong seseorang menjadi lebih kreatif.” untuk itu menjadi guru yang kreatif harus mampu menyeimbangkan fungsi otak kanan dan kiri.3. Manfaat menjadi guru yang kreatif dan inovatif
dalam pendidikan, yang memegang peranan penting dalam mengembangkan potensi kreatif anak didik adalah seorang guru. menjadi seorang guru yang kreatif dan inovatif akan menumbuhkan rasa yang menyenangkan dalam pembelajaran matematika, padahal dapat diketahui bahwa dar sekian banyak siswa pasti mengatakan pelajaran matematika itu sulit dimengerti, tapi dengan adanya kreatifitas dan inovasi yang dikembangkan oleh guru dalam mengajar akan membuat pembelajaran matematika menjadi lebih mudah dipahami dan menyenangkan untuk dipelajari lebih dalam.
berikut adalah beberapa manfaat menjadi guru yang kreatif dan inovatif :
a. kreatif dan inovasi guru dapat membuat pembelajaran menjadi lebih mdah dipahami dan dimengerti dengan baik oleh anak didik.
b. dengan pembelajaraan yang kreatif dan inovatif akan menmbuhkan minat siswa dalam pelajaran matematika.
c. akan lebih mudah mentransfer ilmu
d. kreatifitas guru akan merangsang kreatifitas siswa dalam berpikir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar