Welcome to Desput_Blog~@~Desput_Blog~@~ Welcome to Desput_Blog~@~Desput_Blog~@~ Welcome to Desput_Blog~@~Desput_Blog~@~ Welcome to Desput_Blog~@~Desput_Blog~@~

Minggu, 19 Januari 2014

Bagaimana menjadi Guru Matematika yang Kreatif dan Inovatif


1. pengertian kreatif

sebelum membahas mengenai bagaimana menjadi guru matematika yang kreatif dan inovatif, maka kita harus tahu dulu apa itu kreatif. Menurut Ginanto (2011:65) pengertian kreatif yakni :

Seorang guru yang professional adalah mereka yang mampu menyulap kekurangan menjadi peluang untuk menjadi nilai lebih. Mereka mampu membuat kreasi-kreasi baru dalam mengajar. Mereka yang kreatif tidak pernah mengeluh dalam setiap menghadapi keterbatasan. 
Suyatno (2009: 17) menyatakan bahwa “kreatif merupakan perubahan yang terjadi dari belum ada menjadi ada”. jadi guru kreatif adalah guru yang mampu menghasilkan suasana, karya, dan hal yang baru dalam pembelajaran. guru yang kreatif adalah mereka yang mampu membuat hal baru dalam suasana belajar kelas, yang dapat mengambil peluang dari setiap proses pembelajaran, seminim mungkin fasilitas dan keadaannya.
 selain kreatif, menjadi guru yang inovatif juga penting dalam menunjang pembelajaran yang aktif dan kreatif dalam kelas. Menurut Suyatno (2009:6) “kata inovatif dimaknai sebagai beberapa gagasan dan teknik yang baru. Adapun kata inovasi, berarti pembaharuan”. jadi, guru yang inovatif  adalah mereka yang mampu membuat ide-ide baru, membuat inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran matematika, yang mampu membuat pembaharuan mengenai metode dan pengajaran yang lebih baik.

   
2. Cara Menumbuhkan rasa kreatif dan inovatif dalam memberikan pengajaran dalam kelas

   a. Cintai pekerjaan
   Cinta adalah landasan pertama untuk melakukan hal-hal terbaik untuk yang kita cintai. Ketika kita mencintai pekerjaan kita sebagai guru, maka dengan sendirinya murid-murid juga dapat mencintai kita dan pembelajaran akan menjadi lebih indah dan mudah. Dengan cinta, ide-ide terbaik untuk apa yang dicintai akan lebih mudah tercurah.
.  b. Guru harus mengembangkan kompetensi 
      Guru adalah profesi yang menuntut seseorang untuk terus belajar. Guru matematika yang kreatif selain mampu memupuk kreativitas dan inovasi siswa juga harus memiliki kompetensi dasar yang wajib dipenuhi. Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ditegaskan bahwa pendidik (guru) harus memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan anak usia dini.
   c. jangan malu untuk bertanya
Malu adalah sifat alami manusia. Sebagai seorang guru yang kreatif sebaiknya jangan malu dalam mencari sumber belajar.  Sebagai guru yang baik, harus belajar dari sumber apapun, dan apabila ada yang sukar untuk dipahami, kita juga tidak boleh malu dalam bertanya kepada siapapun. Menurut Ginanto (2011:19) “guru yang baik adalah mereka yang mau mengakui kekurangan dalam dirinya dan tanpa malu bertanya kepada siapa saja untuk dapat menutupi kekurangan yang ada”. jadi, jangan malu untuk bertanya bila ada yang kurang dimengerti. apabila biasanya dalam memotivasi siswa, guru sering meminta siswa untuk belajar kelompok supaya lebih cepat mengerti, maka guru pun lebih baik melakukan hal yang sama supaya dapat menunjang pembelajaran menjadi lebih baik dan lancar.
   d. kembangkan otak kanan.
Kebanyakan selama ini guru matematika menggunakan otak kirinya dalam mengajar yang membuat cara pengajaran lambat dan tidak efektif.  Namun sekarang untuk menumbuhkan kreativitas dan inovatif guru matematika juga harus bisa mengembangkan otak kanannya dalam mengajar, karena otak kanan berpikir secara emosional. Menurut Narwanti (2011: 53) “otak kanan dengan sifat dan fungsinya mendorong seseorang menjadi lebih kreatif.” untuk itu menjadi guru yang kreatif harus mampu menyeimbangkan fungsi otak kanan dan kiri.

3. Manfaat menjadi guru yang kreatif dan inovatif

 dalam pendidikan, yang memegang peranan penting dalam mengembangkan potensi kreatif anak didik adalah seorang guru. menjadi seorang guru yang kreatif dan inovatif akan menumbuhkan rasa yang menyenangkan dalam pembelajaran matematika, padahal dapat diketahui bahwa dar sekian banyak siswa pasti mengatakan pelajaran matematika itu sulit dimengerti, tapi dengan adanya kreatifitas dan inovasi yang dikembangkan oleh guru dalam mengajar akan membuat pembelajaran matematika menjadi lebih mudah dipahami dan menyenangkan untuk dipelajari lebih dalam.
berikut adalah beberapa manfaat menjadi guru yang kreatif dan inovatif :
a. kreatif dan inovasi guru dapat membuat pembelajaran menjadi lebih mdah dipahami dan dimengerti dengan baik oleh anak didik.
b. dengan pembelajaraan yang kreatif dan inovatif akan menmbuhkan minat siswa dalam pelajaran matematika.
c. akan lebih mudah mentransfer ilmu
d. kreatifitas guru akan merangsang kreatifitas siswa dalam berpikir



                                                                 

Kamis, 09 Januari 2014

keunikan angka 9 ^.^



KEUNIKAN ANGKA 9

kalian tau ga, ada banyak angka unik dalam matematika, salah satunya adalah angka 9. ya kenapa angka 9? mau tau rahasianya? coba disimak...

nih keunikan dari angka 9 :
  1. Angka sembilan merupakan angka yang paling tinggi dari angka 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9.
  2. Dan ini yang paling unik diantara yang lain yaitu :" Setiap angka dari 1-9 jika dikalikan dengan angka 9, maka hasilnya jika dijumlahkan akan mempunyai hasil 9 ".
  perkalian angka 9 :
 - 9 * 1 = 9
 - 9 * 2 = 18
 - 9 * 3 = 27
 - 9 * 4 = 36
 - 9 * 5 = 45
 - 9 * 6 = 54
 - 9 * 7 = 63
 - 9 * 8 = 72
 - 9 * 9 = 81
hasil dari angka 9, misalnya 9 * 7 hasilnya adalah 63, maka dari bilangan 63 tersebut jika dijumlah 6 + 3 hasilnya yaitu 9. contoh lain, misal 9 * 3 hasilnya adalah 27, maka bila bilangan 27 dijumlahkan 2 + 7 hasilnya 9. monggo di coba lagi kalau masih penasaran.... Buktikan sendiri ya....
     Cara cepat prhitungannya yaitu,, kita ambil contoh satu lagi. misal; 9 * 7 ...
  1. Pertama, kita lihat angka yang akan dikalikan dengan angka sembilan, yaitu 7 , maka angka tersebut dikurangi 1 , maka hasilnya 6.
  2. Kedua, kita  ambil angka 9 dan kita kurangi dengan hasil pertama yaitu 6, maka 9 - 6  = 3
  3. Jadi, hasil pertama dan kedua digabung dengan urut , maka hasil dari 9 * 7 = 63...
Ada lagi nih keunikan angka 9

contoh : carilah hasil dari 99 x 72.


Bagaimanakah cara kita menyelesaikannya?
biasanya kita menghitung perkalian dengan cara perkalian bersusun. Tetapi, ada cara lain untuk menghitung hasil kali dari 99 x 72, yaitu sebagai berikut :

Karena 99 = 100 - 1,

Maka 99 x 72= ( 100 - 1 ).72

= 72.100 - 72. 1

= 7200 - 72
= 7128

contoh lain : carilah hasil dari 999 x 56 dapat diselesaikan seperti berikut :

Karena 999 = 1000 - 1

Maka 999 x 56 = (1000 - 1) x 56
= 56000 - 56

=55.944

Silahkan mencoba ... ^.^

Kamis, 02 Januari 2014

Papan Penjumlahan (Panjul)


malem kawan-kawan, nih aq punya artrikel tentang alat peraga matematika, namanya Papan penjumlahan, sangat berguna untuk mengasah kecepatan dan ketepatan dalam menghitung... apalagi dalam penjumlahan.... yuk dilihat... ^.^


Masih banyak siswa menganggap bahwa Matematika itu sulit. Guru menjelaskan materi dengan metode ceramah dan soal rutin sangat tidak begitu efektif bagi siswa. Kemampuan dasar matematika terutama penjumlahan sangat diperlukan untuk mempelajari matematika tingkat lanjut. Untuk menarik minat siswa agar menyukai pelajaran Matematika kita perlu alat bantu berupa alat peraga. Alat peraga tersebut diharapakan dapat mengasah kecepatan dan ketepatan dalam menghitung agar siswa dapat mengerjakan soal olimpiade MM pada tingkat international. Oleh karena itu, kita membuat alat peraga tersebut untuk memfasilitasi pembelajaran matematika, khususnya penjumlahan.
gambar panjul
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjev4sD2Rhe-gxGs68FC-68VfHkKim_D9XIU3vdCrss-KuriS3TLZkzmkf_aFUZbPBnfJ8_Ijo0Xb4RKvHQBGrMDLbpLWD8jLk5ANZ8LVczpKmipmtorRWM2x_Oq3zbn5qgt58aa6X1hPgV/s320/panjul.png
v  Cara Bermain
1.      Permainan dapat dilakukan 2 sampai 3 orang (tetapi sebaiknya dimainkan 3 orang lebih baik dan sangat dianjurkan)
2.      Pemain mengundi terlebih dahulu dengan melemparkan dadu untuk menentukan siapa yang akan bermain terlebih dulu, pemain yang mendapatkan dadunya keluar paling besar berhak untuk memainkan permainan terlebih dahulu.
3.  Setiap pemain meletakkan hanya 1 biji pemain kemudi/sopir di salah satu kotak (disembarang kotak angka 1 sampai 9 yang nantinya difungsikan sebagai kemudi/penjumlah dalam permainan) saat bermain.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDYAjCZqR1w9pif-L3xF1G0779ElW0C6Bc5-XtAAZlcocN0Atqn7sxjcK7ACU0XoPaQC1bpoAUjRA3T7Sl_0wic8ybrYKXY1rbfcvHl4pFRi52NEgJ6q4nE923h7Bfc5B1i3h7GRTawQT0/s320/cara+bermain+panjul.png
4.  Pemain pertama  menjumlahkan angka pada kotak yang ditempati lawan yang akan bermain berikutnya dengan angka kemudi miliknya (pemain dapat mengatur pemain kemudinya secara bebas sebelum menjumlahkan agar hasilnya seperti yang ia inginkan). Hasil penjumlahannya dijadikan tempat meletakkan jarum warna pemain pada papan penjumlahan.
5. Pemain kedua dan ketiga selanjutnya melakukan cara yang sama seperti pemain pertama secara berurutan/bergantian. Pada putaran kedua dan selanjutnya pemain dapat mengatur strategi untuk menghasilkan garis lurus dengan memindahkan kemudinya (dari angka sebelumnya pada kotak yang ditempatinya) pada kotak angka yang lain agar didapatkan hasil penjumlahan yang nantinya membentuk garis lurus/diagonal (syaratnya membentuk 3 sarang ditempati jarum warna miliknya secara berurutan)
  7. Apabila pemain berhasil menempati 3 sarang secara berurutan yang membentuk garis lurus(bisa vertikal,horizontal atau diagonal) maka ia diberikan 2 pilihan yaitu
·         pertama
Ia berhak mengambil 1 jarum warna pemain lawan yang berada di dalam papan penjumlahan sebagai tawanan miliknya.
·         Kedua
Ia tidak mengambil jarum warna pemain lawan akan tetapi membebaskan/menyelamatkan jarum warna pemain miliknya yang ditawan oleh lawan.
8.      Apabila jarum warna yang dimainkan telah habis, pemain dapat memindahkan jarum warna pada papan permainan agar dapat membentuk garis lurus/diagonal. Pemain dapat membentuk strategi menghalangi pemain lawan agar tidak berhasil membuat garis lurus sehingga permainan lebih seru.
Permainan sebaiknya dibatasi waktunya dan diakhir permainan dihitung jumlah tawanannya.

Ø  Syarat Menjadi Pemenang
Pemain yang mendapatkan tawanan terbanyak akan dianggap pemenang dalam permaian.
Ø  Variasi permainan
Pemain dapat menggunakan dadu sebagai ganti kotak angka lawan. Artinya jika pemain tidak ingin menjumlahkan kemudinya dengan angka pada kotak lawan ia dapat menjumlahkan angka kemudinya dengan angka yang keluar pada dadu
Ø  Tipe –tipe Permainan :
1.      Tahap pengenalan
            pemain yang dapat menempatkan 3 jarum warna berurutan dan tercepat dinyatakan sebagi pemenang dan permainan dilakukan ulang dari awal.
2.      Tahap latih kecepatan dan ketelitian
            pemain yang dapat menempatkan 4 jarum warna berurutan mendapat point menang 1x  dengan bonus tawanan 1 jarum warna lawan dan permainan dilanjutkan hingga waktu yang ditentukan telah habis.     

silahkan mencoba .... ^.^